Monday, December 5, 2011

Khasiat Buah Rambutan

Judulnya udah bener, moga-moga ada yang baca #DoaPuasa hohoho....
 Hi guys, gue balik lagi dengan sisa-sisa tenaga yang udah hampir terkuras demi mencari nama latin dari buah Rambutan, kenapa sih ya namanya rambutan, tadi pas gue ngecek di aplikasi kamus gw, bahasa inggris dari buah rambutan itu nephilium bla bla bla, kok semacam nama malaikat ya? kayak seraphim, nephilim dan phim phim yang lain. Lho kok malah jadi ngomongin malaikat #plaakk. Setelah gue ngubek-ubek buku kelas 3 SD gue, gue baru tahu nama latin dari nephilim ini eh rambutan ini, namanya adalah nephelium lappaceum abis ngelafalin nih nama rambutan bibir gue langsung monyong 3 cm ><.



Terus Naa, sebenarnya lu mau bahas apaan sih ttg nephilim?
Nephilium kakak, nephilium!!

Lanjut, siang ini gw duduk setengah nyaman dan setengah nggak nyaman didepan lappy antara kepikiran besok ujian dan besok ujian. Tapi tiba-tiba ntah malaikat darimana dan demi semakin banyaknya pengetahuan buat kalian-kalian yang baca blog gue, akhirnya gue mau nulis suatu yang lebih berguna, huahahahaha 

Ok jadi sebelum gue ngasih tahu khasiat dari buah rambutan ini gue mau nyritain awalnya. Sumpah gue males banget ngelafalin khasiat, ini bentar lagi gue keselek

Jadi sekitar tahun... doh lupa tahun berapa kalo nggak salah pas awal-awal kelas 2 SMA, gue sempet jatuh dari motor dan yang jadi sasaran adalah bagian atas kaki gue, ehm gimana ya ngomongnya, ya pokoknya gitulah :D. Jadi dalemnya luka gue itu sekitar 2 cm, trus lebarnya, gue nggak ngitung. Walau gue pelajar gue paling males banget bawa penggaris soalnya penggaris yang biasanya gue bawa itu biasanya nggak bertahan lebih dari 2 hari, patahlah, ketinggalanlah dan masih banyak lagi.

Yang selanjutnya ini gue kayaknya lebih ke ngumbar aib deh, jadi gue paling takut ama jarum, ntah jarum suntik, jarum jahit dan berbagai jenis jarum lainnya. Gue minta ama susternya biar ga usah dijahit aja, dah diperban aja gitu. Ok, gue emang bego!!! Luka seluas itu cuman diperban? Hadeh kapan sembuh?

Singkat cerita gue pulang, seminggu, 2 minggu nggak sembuh-sembuh. Akhirnya gue dibawa ke dokter temenya mama, disana luka gue dibersihin dulu soalnya dari terakhir gue berobat lukanya nggak semakin sembuh malah semakin hancur. Gile meen perih banget, gue mau nangis juga tengsin, sekalinya pengen nangis malah ga kluar air mata, asli malu abis.

Trus pas pulang sang dokter bilang ama gue, " mba, makan buah rambutan yang banyak, agar lukanya cepat kering :)"

Sumpah gue bego-bego cengo gitu deh, mang ga ada buah yang lebih elit gitu? Jeruk, apel, kiwi atau anggur? Masa rambutan hadeh bu dokter ini yang bener aja, kalo masalah makan rambutan banyak gue bisa banget. Pernah suatu kali gue dibeliin rambutan sebaskom, inget lho ya? Sebaskom!! Dan berapa hari gue abisn?

3 hari naa, 2 hari naa...
hoho salah semua, gue sanggup ngabisin sehari doang sambil nonton tv #Bangga, hemm nggak ada penghargaan buat ini ya?

Tapi sampai sekarang gue masih bingung, apa aja sih yang terkandung dalam nephilium ini kok ya bisa ampuh banget gitu, padahal nih buah nggak elit gitu, eh tapi semenjak itu gue lebih suka rambutan daripada durian lho #random. 

Dan ternyata pas gue nyari-nyari lagi gue dapetin ini --->
dalam  buah rambutan itu terdapat besi, kalium, sapai vitamin C. dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin). Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Hemm mungkin serat dan berbagai kandungan yang terdapat dalam buah rambutan tersebut menjadi pembantu dalam proses penyembuhan penyakit gue kali ya? <-- menjadi pembantu, itu bahasa apa pula? kalau nggak mudeng silahkan komplen ke gue XDD

Gue juga masih belajar sih, secara gue bukan anak biologi atau yang ahli dalam obat-obatan makanya gue bener-bener masih awam sama buah satu ini  http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/ae/Rambutan_Fruit.jpg
Jadi selain sebagai pembantu dalam proses kesembuhan luka, buah ini juga bisa untuk diare, disentri, sariawan (jelas banget dong kan ada vit. C), buat menghitamkan rambut, jadi buat elu elu yang mau merahin rambut gue saranin menjauhlah dari buah ini, terus buat diet juga bisa sih, tapi kalau gue diet buat apa secara yang gemuk cuma bagian pipi doang, terus masa ya? Gue bilang ama rambutan suruh diet bagian pipinya #random

Dan gue akhirnya semakin cinta ama buah satu ini, kalau lagi musim pasti gue sempet-sempetinn nyari mengingat dia sudah berjasa banget pada proses kesembuhan gue, thk u neph. You're always gonna be in my heart<--- grammar ngasal, bego bhs inggris #BRBprivateBhsInggris

ok guys sgitu aja ya, be sexy, be healthy and be be yang lainnya, bye 

6 comments:

  1. Wow baguslah, saya juga doyan banget rambutan :D *brb ke kebun mertua petik rambutan sekarung*

    ReplyDelete
  2. tapi kan nggak semua rambutan bagus,soalnya rambutan kan banyak macem ya ?

    ReplyDelete
  3. @Andy, haha saya kurang tahu kalau masalah macam2 rambutan, nanti kalau sempat saya bahas, hoho
    ebuset napa bhs gu ejadi formal? :D

    tapi biasanya sih, gue cuman makan yang dijual dipasar atau ditoko buah gitu deh dan biasanya yang udah mateng dan manis, kalo yang masih muda dan sepet ogah :D

    @dweedy, hooo suka rambutan juga, samaan doong. Gue langsung ngeblink kalau liat buah satu ini nangkring dipohon trus udha merah2 gitu, serasa pengen nyomot aja hoho :))

    ReplyDelete
  4. ga ada yg bisa manjat pohon rambutan di rumah...
    alamat tahun ini di makan kelelawar lagi niy...
    :((

    ReplyDelete
  5. waaaaaaah gue baru tau ternyata rambutan ada vitaminnya,*brb* *brangkat kerumah nenek malak rambutannya*

    ReplyDelete
  6. bagi doong nonni, kemaren 4 kg udah abis 2 hari, dan sekarang ga tahu mau nyari dimana lagi, hehe maruk banget ye gue -__-'

    ReplyDelete