Thursday, December 8, 2011

Mengapa Cosplay Identik dengan Jepang?

Hmm, hari ini gue sedang duduk dengan muka pucat? Bukan jelas bukan karena ini hari kamis terus gue parnoan karena ini kamis #apadeh. Gue lagi bingung aja mending belajarbuat besok karean ujian atau ngeblog dan gue milih ngeblog *seketika panci melayang kearah gue* #Krompyang, maaf ye ma, Naa lagi males belajar *sembunyi dibalilk meja*.

          Sesuai judul, gue mau bahas soal cosplay, kalau seseorang ditanya tentang cosplay pasti mereka akan langsung menjawab yang Jepang-jepang itu ya? Hmm gue cuman manggut-manggut aja waktu itu. Lho mang gue yang nanya? Padahal pas gue nanya kesana-kesini cosplay stands for costume player, halah bahasa gue. Jadi gue bingung aja kenapa, oh kenapa cosplay identik dengan jepang? Hmm


Dan setelah gue nanya-nanya dengan beberapa orang yang emang freak ama jepun, gue baru tahu kalau emang dari dulunya sudah seperti itu -tamat-
Hahahaha, kalau gue jawab kayak gitu, jelaslah langsung tamat postingan gue :p. Hmm kemarin malam gue sempet nanya ama kepon gue, kepon means keponakan, ini kenapa jadi disingkat semua sih? Awas ya? ntar kalau muncul cukstaw, miapa dan sebagainya 

Ok lanjut, jadi kemaren malem gue nanya ama kepon gue, ya iseng aja gitu kalo suruh milih dia bakal milih cosplay jadi sakura atau srikandi *asli ini random abis* dan malangnya dia jawab



g milih mbakkk :P


maunya jd enma ai.. ma lacus,, ma luka,, ma misa,,, ma rin... maa..........*judulnya bnyakk... asal bkn srikandii ma sakuraa :P

Mendadak gue pusing tanpa penjelasan, dengan sederet nama yang dia sodorkan ke gue, sumpah gue gak tahu itu nama apaan? Bukan, bukan itu  juga bukan nama anjing gue, aaak ><.
Ok bearti emang gue yang salah ngasih pertanyaan, kalau gue nanya antara kedua tokoh itu pasti dia nggak milih terus gue lanjut nanya.


hem pertanyaanku salah nampaknya, jadi kamu lebih milih cosplay yang jepang ya? kenapa? kasih alasan dong

ya alasannya aku sejak awal mank tertarik dengan dunia anime...


bknnya g cnta tnah airr loo... tp mankk otaku tlah terkontaminasii dengan anime.. :P
terus udah pernah cosplay apa aja? terus kenapa suka dengan itu?

blm pnah cosu... tp tertariikkk....


karena itu seatu seni yang menarik... seni dimana orang2 beracting sesuai dengan character yang diperankan... karakter itu adalah fiksi

untuk meniru karakter fiksi tu bkn hal mudah.. krna mrka bkn manusia yng dpat dengn mudah dicontohh darii segii bahasa yg ducapkan atau bahasa badan mrka...

cosplay itu.. menantang... bkn sekedar acting.. tp ada seni ddalamnya..

:D
Hem, setelah gue baca tulisan yang kadang gue sendiri juga nggak ngeh itu maksudnya gimana? Gue coba menelaah, ecie menelaah padahal gue baca berkali-kali biar mudeng maksud dia Apaa?? Dan gue baru tahu ternyata cosplay itu gak mudah, yah dulu sih gue mikirnya asal kostumnya cocok dan bagus udah deh cosplay-nya beres, hadeh ternyata emang gak sesimple itu dan menurut adek gue, ternyata emang ada seni didalamnya, pantes aja pas si Dharma maenin tokoh, aduh tokohnya sape ye gue lupa -__-', itu bener-bener mirip banget ama dia. Lho tahu darimana mirip lha wong karakter yang mana aja gue ga tahu kok bisa bilang mirip #plaak. FYI nama adek yang gue wawancarai itu bukan Dharma, Dharma itu anak TI seangkatan gue *ga ada yang nanya*.

Hem, ide yang isengpun mulai nongol lagi, sesuai dengan namanya costume player atau disingkat cosplay, kenapa ya nggak ada yang cosplay srikandhi, hanoman atau gathotkaca gitu? Kan pasti seru tuh diantara semua yang jejepunan terus tiba-tiba ada yang cosplay pake salah satu karakter pewayangan tersebut, pasti akan ada sesuatu yang berbeda kan?

Tapi kemaren pas iseng ama salah satu ama follower gue ditwitter yang ternyata juga suka cosplay, dia bilang kalau ternyata pernah ada yang cosplay dengan kostum hanoman, jeeh kayak apa ya kira-kira? Pas gue tanya ada link ga tentang fotonya? Nasib-nasib ternyata nggak ada padahal kan seru banget tuh kalau bisa nemu, hohoho.

Dan, yang masih ngeganjal dibenak gue, kenapa cosplay selalu identik dengan jepang dan anime, pas gue googling ternyata emang kayak gitu #plaak

Jadi kenapa sih cosplay yang diperanin pasti soal anime dan jepang-jepang gitu? Kalo kata temen gue yang juga freak ama jepun dia jawabnya simple aja sih --> karena cosplay biasanya diadain pas acara macam japfest gitu, jadi bisa ditarik kesimpulan kalau cosplay memang terkenal dengan meniru atau memperagakan tokoh anime dengan kostum-kostumya, karena pas cosplay diadain waktu acara japfest dan hal ini juga didukung saat gue pergi korean day ga ada yang make baju ala Big Bang, 2NE1, DBSK atau SUJU hoho #smug, apalagi pas kondangan gue juga jarang banget nemu srikandi, om gatot atau bang anoman disono yang ada semua pake kebaya :p
hoho, gambar itu gue ambil dari efbe kepon gue, moga aja dia nggak marah, haish yang cosplayer-nya itu yang cowok bukan yang cewe -__-'

4 comments:

  1. waaahhhh,,,kite sealiran :D
    suka anime!!!
    betewe,suka anime apah?
    ane Conan holic neh :))))

    ReplyDelete
  2. aku apa aja yang penting lucu sih, pernah ngikutin fairytale tapi keburu males downloadnya banyak sih T^T

    ReplyDelete